Bisnis event organizer (EO) merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Apalagi di jaman ini, ketika desain pesta dikenal meriah dan megah. Sehingga kebutuhan akan penyedia layanan EO sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Akan tetapi, untuk membuka bisnis EO ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan tips-tips tertentu, agar usaha bisa berjalan dengan baik. Ini dia tips yang dimaksud:
1. Tambah Pengalaman dengan Bekerja pada Bisnis Event Organizer terlebih Dahulu
Tips yang pertama ialah, pebisnis harus belajar dan mencari pengalaman dengan bekerja pada bisnis event organizer lain terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui ilmunya, baru membuka Anda bisa membuka bisnis event organizer secara mandiri.
Artinya, untuk membuka bisnis ini, Anda harus memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Karena kegiatan yang akan digarap sangat banyak, tentu tanpa pengalaman, bisnis tidak akan berjalan. Maka dari itu, belajar terlebih dahulu baru jalankan usaha.
2. Bentuk Tim Yang Kompak
Membuat event organizer atau EO memang terbilang sulit karena bidang usaha yang harus dikerjakan cukup banyak orang. Maka dari itu, untuk membangun bisnis ini, dibutuhkan tim yang bisa bekerja sama dengan baik. Kekompakan inilah yang nantinya biisa menghasilkan satu desain layanan EO yang memuaskan pelanggan.
Akan tetapi, pastikan tidak asal memilih rekan untuk menjalankan bisnis. Tetapi memang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing. Maka dari itu, pastikan dalam perekrutan, ada training yang harus dilakukan. Baru jika lulus, terjunkan mereka pada bisnis EO.
Jika kualifikasi tim sudah seperti ini, pebisnis tinggal memanajemen sesuai misi yang dicanangkan. Di antaranya ialah melakukan briefing, pengawasan, serta evaluasi siapa tahu ada masalah dengan tim yang sedang bekerja.
3. Lakukan Promosi Secara Intensif
Jika bisnis sudah berjalan, apalagi sudah mendapatkan pelanggan sekalipun hanya 1-2 orang, maka ini bisa dijadikan ajang promosi yang bagus. Caranya dengan memasang nama EO di lokasi pesta pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya. Pastikan, tamu yang hadir membaca tulisan tersebut.
Jika pelayanan bagus, tentu tamu akan melihat nama yang terpampang di depan dengan serius. Bukan tidak mungkin, mereka akan menghubungi Anda untuk menjadi pelanggan berikutnya.
Promosi intensif selanjutnya ialah dengan menggunakan media. Baik dengan cara meletakkan nama di surat undangan, pasang review di website atau dengan memasang pamflet di pinggir jalan. Anda juga bisa memasang iklang melalui facebook ads atau google ads. Tujuan promo ini ialah untuk mengenalkan bisnis kepada khalayak ramai melalui dunia maya dan membangun branding.
4. Menyediakan Modal Bisnis yang Cukup
Tips yang keempat adalah menyediakan modal bisnis yang cukup. Tidak dimungkiri, semua pembiayaan pesta ditanggung penyedia jasa EO. Sedangkan pelanggan akan merampungkan pembayaran ketika acara sudah selesai.
Oleh karena itu, untuk memulai Bisnis event organizer, pengusaha harus memiliki modal awal pembiayaan. Baik biaya untuk gedung, sound system, konsumsi dan kebutuhan yang lainnya.
5. Tidak Berhenti Berkreasi
Even organizer adalah pekerjaan kreatif. Maka dari itu, desain kegiatan harus selalu di-update agar pelanggan lebih tertarik. Namun, jika kreativitas hilang, desain juga monoton, tentu pelanggan akan berpindah ke jasa EO yang lain.
Tentu ini kerugian yang besar, apalagi ketika perkembangan bisnis sudah bagus dan harus menurun hanya karena kurangnya kreativitas yang dilakukan pada bisnis Anda. Anda bisa menggunakan influencer dari EO sekelas internasional agar Anda mendapatkan ide yang lebih segar.
6. Lakukan Evaluasi Dengan Baik
Tidak ada bisnis yang lancar dari awal berdiri hingga akhir, termasuk bisnis EO. Maka dari itu, diperlukan evaluasi untuk melihat akar masalah sekaligus memotivasi agar tidak terjadi di kegiatan selanjutnya.
Jika evaluasi ini dilakukan secara berkala, tentu bisnis yang dijalankan akan sukses. Karena sekali berkegiatan, pelanggan akan puas atas layanan yang minim kesalahan.
7. Update Informasi Seputar EO
Tips yang ke delapan ialah semua tim tidak boleh buta informasi. Pastikan mereka selalu update tentang desain EO terbaru. Jika ini tidak dilakukan, tentu desain kegiatan yang dipersembahkan kuno dan tradisional.
Sedangkan, jika terus update informasi, tim bisa menyesuaikan layanan dengan permintaan pelanggan. Bahkan, promotor bisa menyodorkan banyak pilihan desain kontemporer kepada calon pengundang.
Software Akuntansi ( Softansi.id ) dapat membantu usaha Anda menjadi lebih efisien, apapun bentuk proses bisnisnya. Buat penawaran penjualan, pengiriman pesanan, faktur penjualan, hingga penerimaan pembayaran dengan mudah dan cepat.
Lihat Semua Postingan ..Tersedia paket 1 Tahun Hemat Rp 444.000. Cek di sini